Untitled Sermon (4)

Sermon  •  Submitted
0 ratings
· 6 views
Notes
Transcript
Sermon Tone Analysis
A
D
F
J
S
Emotion
A
C
T
Language
O
C
E
A
E
Social
View more →
Tema : Hidup dalam kekuatan Roh Allah
Nats : 2 Timotius 2:1-7
Kita tahu bahwa setelah menuliskan Surat 1 Timotius, maka Paulus menmghadapi masa-masa yang begitu sulit. Mengapa? Ketika surat 2 Timotius ini dibuat, Paulus sedang berada di dalam penjara, di Roma. Jikalau benar, maka Paulus berada di dalam sebuah ruangan yang kecil, dengan lubang udara di bagian atasnya; tidak lama lagi dia juga akan segera menghadapi pelaksanaan hukuman.
Dan juga, pada saat yang sama begitu banyak terjadi penyesatan di tengah-tengah jemaat Efesus, yang saat itu digembalakan oleh Timotius yang muda itu. Seberapa sungguh-sungguhnya dia mengajar, ancaman penyesatan menghantui senantiasa; apalagi jikalau Paulus mati.
Dan dalam suratnya kepada Timotius ini, maka fokusnya adalah Timotius sebagai pribadi. Tujuan utama surat ini dibuat adalah supaya Timotius tetap bertahan didalam iman kepada Injil Yesus Kristus. Tetapi, walaupun surat ini adalah surat pribadi tetapi Paulus sangat senang ketika surat itu kemudian dibaca secara terbuka diantara jemaat-jemaat saat itu. Paulus menganggap surat ini menjadi begitu penting, khususnya bagi mereka yang ingin Injil Yesus Kristus semakin diberitakan kepada, dikenal oleh dan dialami dalam diri siapapun di dalam dunia ini. Betapa pentingnya, mereka yang rindu berita Injil diterima banyak orang adalah jikalau ia memiliki hati Nurani yang murni.
Paulus menyadari, semangat hidup untuk terus memberitakan Injil tidak akan dimiliki oleh mereka yang tidak mengalami anugerah Allah, tidak dilingkupi rahmat Allah dan tidak menikmati ketenangan hidup oleh Roh Kudus. Karena itu, Paulus berdoa supaya Timotius mengalami kasih-karunia, rahmat dan damai-sejahtera dari Allah Bapa.
Grace, untuk mereka yang sebenarnya tidak layak menerimanya
Mercy, untuk mereka yang tidak lagi berpengharapan
Peace, untuk mereka yang tidak lagi menikmati ketenangan dalam hidupnya.
Hanya ketika kita memiliki ketiga hal itu, maka tidak lagi kita hidup dalam ketakutan; sebaliknya kita akan senantiasa hidup di dalam keberanian. Tuhan memimpin saudara memasuki tahun 2020 ini bukan dengan membiarkan ketakutan saudara menguasai hidup, sebaliknya kemenangan Kristus itulah yang akan mengawal saudara memasuki tahun 2020. Tuhan memberkati.
Related Media
See more
Related Sermons
See more